Jumat, 23 September 2011

Kasiat buah nanas


Nanas buah yang memiliki mata dan warna kuning keemasaan. Khasiat nanas untuk tubuh, kecantikan maupun kesehatan. Pohon nanas tumbuh subur di daerah beriklim tropis misal di Indonesia dengan masa panen 2 sampai 3 kali dalam setahun.
buah_nanasBuah nanas sangat di senangi masyarakat, namun sejatinya buah  nanas  bukan asli Indonersia  melainkan dari wilayah Amerika latin, Brazil, Paraguay, serta Bolivia.
Bukan hanya buahnya yang berkhasiat, namun kulitnya berfungsi untuk membersihkan  batu marmer.  Daunnya berfungsi sebagai piretik (penurun panas).  Kandngan yang ada pada buah nanas sangat luar biasa? diantaranya Vitamin C cukup tinggi sekitar 12 mg dalam 78 gr buah nanas.
Nanas juga  mengandung phitochemical sangat baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, bukan gizi dapat dijumpai pada tumbuhan yang mempunyai aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yaitu sebagai antioksidan. Nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu, daging, dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Karena sifatnya itu, nanas dapat mengempukan  daging, letakkan  potongan nanas di atas daging, jangan terlalu lama agar tidak lembek.
Walau terasa asam buah nanas tidak berbahaya bagi penderita maag . kandungan phitochemicalnya dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. khasiat nanas lebih baik apabila dikonsumsi secara utuh. Misal untuk campuran selada buah dan es buah. Perlu diketahui, nanas yang diolah menjadi dodol, kripik atau olahan nanas  lainnya, zat gizi atau enzimnya sudah berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar